SHARE

Pada hari Selasa kemarin Wikileaks memberikan sedikit informasi bahwa mereka akan merilis beberapa informasi terkait CIA yang cukup penting. Hari ini mereka memenuhi janji tersebut dan mempublikasikan kumpulan dokumen yang mereka sebut sebagai “Vault 7 “. Berbagai dokumen tersebut memberikan informasi yang cukup jelas terkait berbagai aktifitas dan tools hacking yang selama ini dipakai oleh CIA.

Wikileaks mengklaim bahwa ini adalah publikasi terbesar mereka sepanjang sejarah yang melibatkan CIA secara langsung. Bagian pertama dari bocoran ini yang diberi nama “Year Zero” terdiri dari setidaknya 8,761 dokumen dan file rahasia yang diambil dari jaringan internal yang terisolasi dengan tingkat keamanan sangat tinggi milik Center for Cyber Intelligence yang berada di Langley, Virginia.

Berbagai dokumen dan file tersebut berisi informasi dan dokumentasi terkait malware, virus, trojan, dan exploit. “Year Zero” juga menjelaskan tentang cakupan dan arah kebijakan CIA terkait aktifitas hacking termasuk didalamnya berbagai malware dan exploit yang dapat dipakai terhadap berbagai jenis platform meliputi iPhone, Android, Windows, OSX, Linux, sampai Samsung Smart TV.

Sebagian informasi pada publikasi ini telah disaring sebelumnya oleh Wikileaks termasuk didalamnya source code dari malware, alamat IP dan nama-nama yang ada pada dokumen. Detail lebih lanjut terkait dokumen-dokumen tersebut dapat diakses pada website resmi Wikileaks dibawah

Referensi:
Vault 7: CIA Hacking Tools Revealed – Wikileaks

Tinggalkan komentar

Berikan komentar