SHARE

Cybersecurity atau keamanan siber telah merambah berbagai bidang, dengan semakin berkembangnya internet dan semakin terhubungnya berbagai macam perangkat membuat kesadaran akan keamanannya meningkat. Hal ini membuat karir di bidang cybersecurity begitu menjanjikan. Meskipun begitu persediaan tenaga profesional di bidang ini bisa dikatakan masih sangat kurang.

This articles won’t tell you about path 2 😛

Di tahun 2021 diprediksi setidaknya akan terdapat 3,5 juta pekerjaan atau posisi yang menunggu untuk diisi alias kosong karena terbatasnya tenaga professional di bidang ini. Banyak yang berpendapat bahwa kekosongan tenaga professional tersebut ada pada level ahli dan bukan pemula atau newbie. Sementara newbie semakin banyak akan tetapi tidak jarang dari mereka susah untuk maju atau berkembang menjadi ahli di bidang ini.

Terdapat gap yang cukup lebar antara mereka yang sudah ahli dan mereka yang masih newbie atau baru mulai di bidang ini. Dibutuhkan bantuan dari mereka yang sudah terjun dan berkecimpung di bidang ini untuk membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga professional di bidang cybersecurity terutama di Indonesia.

Saya sendiri masih terus belajar dan masih jauh dari kata ahli, beberapa tips di bawah ini saya susun berdasarkan pengalaman saya pribadi dalam memulai dan menempuh karir di bidang cybersecurity terutama sebagai seorang Security Analyst di Security Operation Center (SOC). Penjelasan lebih detail pada masing-masing tips akan dijelaskan pada artikel terpisah karena akan sangat panjang jika disatukan pada 1 artikel saja.

7 Tips memulai karir di bidang cybersecurity:

  1. Master the Basic
  2. Find Mentor
  3. Improve Soft Skills
  4. Join Community
  5. Stay Hungry, Stay Foolish
  6. Cybersecurity Career Path
  7. Certifications

Jika ada yang ingin berbagi tips bermanfaat lain dalam memulai karir di bidang cybersecurity dapat menuliskannya di kolom komentar dibawah

Referensi:

Kick-start Your Career in Cybersecurity – Google Slides

Tinggalkan komentar

Berikan komentar