SHARE

Dengan semakin majunya internet saat ini membuat berbagai kegiatan semakin mudah dilakukan lewat internet termasuk salah satunya belanja. Berbelanja secara online memiliki berbagai keuntungannya tersendiri seperti lebih banyak variasi produk dan harga, tidak perlu antri di kasir dan berputar-putar toko hanya untuk mencari barang tertentu, tidak perlu keluar rumah karena barang belanja akan langsung diantarkan ke tempat tujuan, dan berbagai promo menarik yang diberikan oleh beberapa toko online.

Peredaran uang yang terjadi pada transaksi online ini membuat banyak pelaku kriminal menargetkan toko online dan penggunanya sebagai sasaran untuk mendapatkan keuntungan. Berikut adalah beberapa tips keamanan yang bisa kalian terapkan saat melakukan transaksi atau belanja secara online.

Gunakan Jaringan Yang Aman

Pastikan kalian mengakses website toko online dari jaringan yang terpercaya. Contoh jaringan yang aman dan terpercaya seperti jaringan internet pada rumah, kantor, modem internet pribadi, dan thetering dari perangkat smartphone.
Sementara jaringan yang tidak aman seperti Wifi public yang ada pada kafe, bandara, taman, restaurant, dan berbagai tempat umum lainnya. Meskipun wifi tersebut memiliki password, melakukan transaksi online pada jaringan jenis ini sangat tidak direkomendasikan.
Menggunakan komputer umum atau perangkat milik orang lain juga tidak disarankan. Komputer umum seperti komputer yang ada pada perpustakaan misalnya atau komputer di kantor yang dipakai bersama secara bergantian.

Cek Keamanan Website

Fitur standar yang wajib ada pada sebuah website toko online adalah HTTPS. HTTPS ini adalah sebuah protokol keamanan yang ada pada website. Protokol ini memungkinkan data yang kita kirimkan ke website dienkripsi saat perjalanannya sehingga jika ada seseorang yang menyadapnya tidak akan bisa membacanya dengan mudah karena data yang diterimanya dalam kondisi terenkripsi atau acak. Untuk mengecek apakah suatu website sudah mengimplementasikan HTTPS atau belum bisa dilihat pada address barnya yang memiliki simbol gembok

sumber gambar: skillcrush.com

Gunakan Password Yang Kuat dan Unik

Jika kalian memiliki beberapa akun berbeda pada beberapa toko online berbeda maka pastikan bahwa setiap akun tersebut tidak menggunakan password yang sama. Pastikan juga bahwa password yang kalian pakai memiliki tingkat kompleksitas yang cukup dan tidak mudah ditebak. Contoh password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir dan password yang umum dipakai dipakai seperti password123, rahasia, qwerty123, welcome, secret, 1234567890, dll.
Jika kalian kesulitan dalam membuat password dan mengingatnya maka kalian bisa menggunakan program Password Manager untuk memudahkan dalam manajemen password ini.

Cek Reputasi Website

Jika kalian berbelanja pada sebuah website baru yang sebelumnya kalian tidak pernah melakukan transaksi disana maka pastikan untuk melakukan pengecekan reputasinya terlebih dahulu. Pengecekan reputasi ini bisa dilakukan dengan mudah via Google atau bertanya kepada rekan yang mungkin sudah punya pengalaman dalam melakukan transaksi di website itu sebelumnya.
Informasi yang bisa digali dari Google seperti informasi riwayat apakah website tersebut pernah menjadi korban hacking atau tidak, sudah berapa lama website tersebut beroperasi, dan testimoni maupun review dari pengguna lain.

Hindari Menyimpan Detail Kartu Kredit Pada Website Toko Online

Menyimpan detail kartu kredit pada sebuah website toko online memang akan membuat transaksi lebih mudah dan cepat akan tetapi hal ini akan menambah resiko tersendiri terutama jika website tersebut dikemudian hari menjadi korban hacking.
Saat melakukan checkout biasanya website akan bertanya apakah kita mau menyimpan detail kartu kredit tersebut atau tidak. Jika pertanyaan tersebut tidak muncul maka setelah selesai melakukan transaksi dapat dicek pada profil kita di website tersebut untuk memastikan bahwa detail kartu kredit tidak disimpan disana.

Cek Reputasi Penjual

Hal ini wajib dilakukan jika kalian berbelanja pada toko online yang memiliki konsep Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, OLX, Kaskus, dll. Terdapat sangat banyak penjual pada Marketplace seperti ini, selalu lakukan pengecekan terhadap reputasinya dan jangan cepat percaya dengan harga murah yang ditawarkan terutama jika harganya sudah mulai tidak masuk akal

Gunakan Rekening Bersama Yang Aman

Tips ini masih berhubungan dengan tips diatas. Jika kalian berbelanja pada website Marketplace maka pastikan jika kalian melakukan transfer ke rekening bersama yang aman dan tidak langsung ke penjualnya untuk mengindari penipuan. Jika tidak ada pilihan untuk rekening bersama maka transaksi bisa dilakukan secara COD (Cash On Delivery) setelah menerima dan mengecek kondisi barangnya.

Update Browser Yang Dipakai Untuk Belanja

Browser atau peramban web merupakan salah satu media utama yang dipakai dalam berbelanja secara online. Pastikan untuk selalu mengupdate browser ke versi yang paling baru. Browser lama biasanya memiliki berbagai celah keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku kriminial. Update versi baru akan mengurangi kemungkinan kita menjadi korban serangan siber yang dilancarkan via browser.

Cek Riwayat Transaksi Pada Kartu Kredit

Selalu cek riwayat transaksi pada kartu kredit kalian karena bisa saja ada transaksi yang dilakukan tanpa sepengetahuan kalian. Melakukan pengecekan secara rutin sangat dianjurkan atau mengaktifkan fitur notifikasi baik via email maupun sms setiap ada transaksi baru yang terjadi pada kartu kredit tersebut.

Demikian beberapa tips aman saat berbelanja online, jika kalian punya tips lain yang ingin ditambahkan bisa dituliskan dikolom komentar
Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Berikan komentar