SHARE

Tahun 2016 adalah tahunnya Ransomware. Sampai akhir tahun 2016 McAfee Labs berhasil mendeteksi setidaknya ada 3,860,603 file ransomware, dimana terjadi peningkatan hampir 80% jika dihitung sejak awal tahun 2016.

Selama ini antivirus pada umumnya masih mengandalkan signatures untuk mendeteksi malware dan jika ada malware baru yang belum ada signaturenya maka otomatis malware tersebut tidak akan bisa terdeteksi. Ransomware merupakan jenis malware yang cukup canggih dan memiliki varian yang sangat banyak. Beberapa varian Ransomware juga mendapatkan update secara berkala dari pembuatnya untuk dapat mengelabui antivirus agar tidak terdeteksi.

Cybereason, sebuah perusahaan keamanan siber yang berbasiskan di Boston, beberapa waktu yang lalu baru saja merilis sebuah tools untuk mendeteksi dan menghentikan ransomware sebelum ransomware tersebut mulai mengenkripsi berbagai file yang ada pada komputer korban. Tools ini mereka beri nama RansomFree.

RansomFree dapat didownload secara gratis dan bisa diimplementasikan pada komputer berbasis sistem operasi Windows, mulai dari Windows 7, 8, dan 10 termasuk juga untuk Windows Server 2010 R2 dan 2008 R2.

sumber gambar: cybereason.com

RansomFree mendeteksi Ransomware berdasarkan perilakunya. Jika sebuah aplikasi berjalan dan mulai melakukan enkripsi pada beberapa file maka RansomFree akan langsung menghentikannya. RansomFree memberikan pilihan kepada penggunanya untuk mengizinkan aplikasi mencurigakan tersebut tetap berjalan atau dihentikan dan dibersihkan. Jika pengguna yakin aplikasi tersebut bukan merupakan ransomware dan hanya merupakan aplikasi untuk enkripsi biasa maka pengguna dapat meloloskannya dari RansomFree. Sebaliknya jika pengguna tidak yakin dengan aplikasi tersebut maka pengguna disarankan untuk memblokir aplikasi tersebut agar tidak berjalan.

Demo dari bagaimana RansomFree ini bekerja dapat dilihat pada video berikut

Link Download: https://ransomfree.cybereason.com/
Referensi:
RansomFree Tool Detects Never-Seen-Before Ransomware Before It Encrypts Your Data

Tinggalkan komentar

Berikan komentar