SHARE

Ransomware masih menjadi salah satu ancaman paling berbahaya dan merugikan. Karakteristiknya yang melakukan enkripsi terhadap berbagai file penting membuat korbannya tidak memiliki pilihan lain selain membayar tebusan jika tidak memiliki file backup dari berbagai file penting yang dienkripsi ransomware tersebut. Hal ini kemudian menjadikan ransomware menjadi salah satu bisnis paling digemari diantara para penjahat siber.

sumber gambar: as-cal.com

Sebuah video iklan baru saja diunggah pada website berbagi video paling populer di dunia Youtube. Video berdurasi kurang lebih 5 setengah menit tersebut mengiklankan sebuah Ransomware yang diberi nama Philadelphia yang dapat disewa oleh siapa saja yang berminat menggunakannya.

Brian Krebs, seorang jurnalis yang berfokus pada bidang keamanan informasi merupakan satu dari sekian orang yang berhasil menemukan video iklan tersebut. Menurutnya calon penyewa cukup membayar uang sejumlah $400 untuk dapat menggunakan jasa Ransomware Philadelphia tersebut.

Video iklan itu sendiri secara gamblang menjelaskan cara penggunaan sebuah perangkat lunak yang bisa dipakai untuk manajemen Ransomware Philadelphia. Mulai dari pembuatan ransomwarenya, modifikasi beberapa fiturnya, sampai melihat semua korban yang berhasil diinfeksinya.

Berikut adalah video tersebut

Di akhir video disebutkan disebutkan siapa pembuat video iklan tersebut dan bagaimana kalian dapat menghubunginya jika berminat. Pembuatnya dapat dihubungi melalui aplikasi perpesanan instan Jabber dengan id the_rainmaker@exploit.im

Munculnya video ini menjadi ancaman tambahan yang cukup serius karena sekarang siapa saja dapat membuat ransomwarenya sendiri dan mengirimkannya kepada siapa saja sesukanya. Langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk meminimalisasi dampak dari infeksi Ransomware adalah dengan melakukan backup rutin terhadap semua file yang dianggap penting.

Referensi:
Ransomware for Dummies: Anyone Can Do It – Krebsonsecurity

Tinggalkan komentar

Berikan komentar