SHARE

Powershell merupakan command line interaktif dan bahasa pemrograman scripting berorientasi objek yang dimiliki oleh microsoft windows yang bersifat open source. Powershell juga merupakan automation platform yang memudahkan administrator dalam melakukakn otomatisasi dan manajemen sistem operasi Windows dan Windows Server.

Powershell dibuat berdasarkan kerangka .NET framework untuk mengimplementasikan berbagai mancam operasi serta dapat menghasilkan output tidak hanya dalam bentuk text tapi dapat juga berdasarkan .net object yang menyebabkan powershell kaya akan object dan funsionalitas.

Powershell juga menyediakan API yang dapat membuat powershell dapat tertanam pada aplikasi lain dan juga aplikasi lain dapat memanfaatkan fungsionalitas powershell untuk mengimplementasikan fungsi tertentu pada aplikasi tersebut.

sumber gambar: starwindsoftware.com

Perbedaan Powershell dengan CMD

Perbedaan antara powershell dengan command prompt (cmd) adalah powershell menggunakan command yang berbeda yang dikenal sebagai cmdlets yang dapat dimanfaatkan dari mengubah registry sampai mengatur Windows Management Instrumentation (WMI) yang mana ini tidak bisa dilakukan oleh cmd.

Command pada powershell juga dapat dibuat dalam bentuk scripting environment yang dapat digunakan untuk membuat script sederhana sampai kompleks untuk memanajemen windows dimana cmd juga tidak bisa melakukannya. Singkatnya powershell lebih kompleks dan powerfull daripada cmd.

Fitur Powershell

Powershell kaya akan fitur, berikut fitur dan fungsionalitas yang ditawarkan oleh powershell:

  • Cmdlets: untuk melakuakan tugas administratif seperti manajemen registry, services, process, event logs dan menggunakan Windows Management Instrumentation (WMI).
  • Scripting: powershell dapat dibuat dalam bentuk script yang dapat mendukung aplikasi lainya.
  • Consistent design: cmdlets dan system data pada windows menggunakan penamaan dan syntax yang sama. output data dari cmdlet dapat dijadikan input pada cmdlet lainnya tanpa perlu melakukan reformatting atau manipuasi.
  • Simplified: navigasi pada sistem operasi dapat dilakukan pada command line yang dapat menyebabkan user untuk dapat melakukan menavigasi pada registry atau data lainnya dengan cara sama untuk menavigasi ke sistem.
  • Powerful object manipulation capabilities: object dapat dimanipulasi secara langsung melalui powershell atau dikirim ke tools lain atau database.
  • Extensible interface: software independen atau enterprise developer dapat membuat custom tools dan utilitas menggunakan powershell untuk mengadministrasikan software mereka.

Basic Powershell

Powershell secara default sudah terpasang pada sistem operasi Windows 7 sampai versi terbaru. Jika masih menggunakan Windows Vista atau sebelumnya perlu dilakukan installasi, powershell membutuhkan .NET framework agar dapat berfungsi. Untuk melihat versi powershell yang berjalan dapat mengetikan perintah $PSVersionTable.PSVersion.

Secara default script powershell yang memiliki ekstensi .ps1 tidak dapat dijalankan, ini dikarenakan secara default Execution Policies pada powershell adalah restricted dengan alsan keamanan. berikut policy yang tersedia pada powershell:

  • Restricted: merupakan settingan default pada powershell yang tidak mengijinkan script powershell dapat dijalankan.
  • AllSigned: memungkinkan script powershell dijalankan namun script tersebut harus mempunyai digital signatur dari trusted publisher.
  • RemoteSigned: memungkinkan script powershell dijalankan namun script tersebut mempunyai konfigurasi file yang didownload melalui internet yang memiliki digital signatur dari trusted publisher.
  • Unrestricted: mengijinkan script powershell dijalankan meskipun script tersebut tidak memiliki digital signatur dari trusted publisher.

Untuk melihat Execution policies yang digunakan dapat menggunakan perintah Get-ExecutionPolicy dan untuk merubah setting Execution Policy dapat menggunakan perintah Set-ExecutionPolicy RemoteSigned namun powershell perlu dijalankan dengan hak akses administrator.

Run Powershell Scripts

Command powershell dapat dijalankan langsung melalui powershell atau disimpan dalam bentuk script dengan file ekstensi .ps1. Untuk menjalankan script pada powershell dapat menambahkan ./ atau .\ pada direktori dimana script itu berada sebagai contoh seperti berikut

PS D:\latihan> ./jalankanaku.ps1
PS D:\latihan> .\jalankankau.ps1

Untuk menjalankan script powershell dengan direktori yang memiliki spasi dapat menjalankan dengan perintah berikut:

PS C:\> & "C:\Program Files\Scripts\jalankanaku.ps1"

Berikut contoh sederhana program Hello World pada powershell, simpan perintah dibawah ini dengan file dengan ekstensi .ps1

Write-Host "Hello, World!"

Untuk melihat command apa saja yang tersedia pada sebuah session powershell dapat menjalankan perintah Get-Command

Untuk melihat help terhadap command tertentu dapat mengetikkan perintah get-help [command]

Selamat bereksperimen dengan powershell

Referensi:
Powershell – Wikipedia
Introduction to Microsoft Powershell – Dark Operator
Powershell Website
Powershell Github

Berikan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.