SHARE

Malaysian Digital Economic Corporation (MDEC) dan Protection Group International (PGI) telah menandatangani kesepakatan untuk bekerjsa sama dalam membangun akademi cybersecurity di Malaysia. Akademi ini akan diberi nama UK-APAC Centre of Security Excellence.

sumber gambar: 18dao.net
sumber gambar: 18dao.net

“Akan ada setidaknya 2 juta posisi pekerjaan yang akan kosong di bidang cybersecurity pada tahun 2019” menurut Barry Roche, CEO dari PGI. PGI sendiri sebelumnya telah membuka akademi cybersecurity mereka sendiri di Inggris pada tahun 2014. Mereka mengadopsi kurikulum milik Lembaga Intelijen Inggris (GCHQ) dalam membuat konten pembelajarannya.

Tujuan dari didirikannya PGI adalah untuk memenuhi kurangnya tenaga kerja dibidang cybersecurity. Sejak tahun 2014 PGI mengklaim telah berhasil melatih 1000 orang dari 21 negara. Keunggulan utama dari PGI adalah pada sisi infrastruktur yang mereka miliki, dimana infrastruktur tersebut dapat dipakai sebagai media penunjang dalam pembelajaran di akademi. Mereka mengklaim setidaknya memiliki hampir 3600 Virtual Machines dengan berbagai macam skenario yang telah disesuaikan dengan kondisi di dunia nyata.

Kerjasama antara PGI dan MDEC ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja di bidang cybersecurity untuk Malaysia dan Asia Tenggara

Referensi:
PGI Opens Advanced Cyber-training Academy in UK
Malaysia to Establish Cybersecurity Academy

Berikan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.