SHARE

Pada artikel kali ini akan dibahas tentang berbagai tipe jaringan komputer seperti PAN, LAN, MAN, WAN, dan Internet. Sebelum menjadi hacker ada baiknya kalian mengetahui pengetahuan dasar ini 😛

Personal Area Network (PAN)

PAN merupakan jaringan yang menghubungkan antar dua device atau lebih dalam jarak yang dekat (10 meter atau kurang). PAN dapat digunakan untuk komunikasi perangkat personal seperti PDA ke laptop, dll. Salah satu teknologi dari PAN adalah Bluetooth. Bluetooth dapat menghubungkan 7 device dalam satu jaringan, seperti menghubungkan mouse dengan laptop, printer dengan laptop,dll.

Local Area Network (LAN)

LAN merupakan jaringan yang memiliki area yang kecil. Cakupan area LAN terbatas hanya dalam satu kantor atau satu bangunan saja (contoh: satu perusahaan). LAN menghubungkan antar device seperti Laptop, PC, server, printer, dll. Biasanya user pada jaringan LAN dapat mengakses device lain atau server pada jaringan tersebut. Dalam suatu perusahaan, terdapat karyawan yang memiliki hak khusus untuk akses informasi penting. Jika terdapat celah keamanan pada LAN, maka akan memungkinkan attacker menyisipkan sebuah ancaman keaman terhadap celah tersebut. Jika attacker masuk ke celah tersebut dan menjadi user yang memiliki hak akses, maka attacker dapat mengubah atau mencuri informasi dari perusahaan tersebut.

Ilustrasi LAN | sumber gambar: keyinfotech.in

Metropolitan Area Network (MAN)

MAN merupakan jaringan yang mencakup suatu daerah atau kota. MAN terdiri dari gabungan beberapa LAN. MAN memiliki transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi, contoh: kampus , fasilitas umum (rumah sakit, apotek, dll), pemerintahan, dll. Ancaman keamanan terhadap informasi MAN sama seperti LAN tetapi dalam skala yang besar. Sehingga pengaksesan informasi penting memiliki authentikasi yang lebih banyak dan aman.

Ilustrasi MAN | sumber gambar: computernetworkingtopics

Wide Area Network (WAN)

WAN memiliki cakupan area yang lebih luas dibandingkan dengan LAN dan MAN. WAN dapat mencakup suatu Negara, antar lokasi atau pulau. WAN sangat penting untuk beberapa perusahaan besar.

Internet

Internet mencakup jaringan yang dapat terhubung ke seluruh dunia. Internet menjadikan pengaksesan informasi, komunikasi, transfer file menjadi lebih mudah dan cepat. Terkadang internet juga dimanfaatkan untuk memperoleh penghasilan. Agar dapat terhubung ke jaringan internet, kita membutuhkan sebuah Internet Service Provider (ISPs). ISPs akan menyediakan akses jaringan LAN, MAN, WAN yang terhubung ke seluruh dunia. Dalam hal ini ISPs menggunakan point-of-presence (POP), atau biasa disebut access point (NAP). ISPs juga menangani traffic yang terhubung ke ISPs lain. Semakin besar cakupan jaringannya maka semakin banyak juga serangan yang diterima.

Kita harus memahami jenis jaringan mana yang kita gunakan, agar dapat menyadari bahaya keamanan apa yang dapat terjadi. Baca juga jenis serangan pada jaringan.
Semoga bermanfaat ^^.

Berikan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.