SHARE

E-Sports Entertainment Association (ESEA), salah satu forum terbesar kompetisi video game mengabarkan telah terjadi insiden keamanan informasi pada salah satu servernya yang terjadi pada bulan Desember tahun kemarin. Insiden keamanan informasi ini juga dilaporkan oleh website LeakedSource pada hari Minggu kemarin tanggal 8 Januari yang menyatakan bahwa terdapat 1,503,707 data pengguna berhasil dicuri.

sumber gambar: http://on-winning.com

Data yang berhasil dicuri terdiri dari username, nama depan dan nama belakang, password yang dienkripsi, alamat email, tanggal pendaftaran, kota, propinsi, waktu terakhir login, tanggal lahir, kode pos, nomor telepon, alamat website, Steam ID, Xbox ID, dan PSN ID.

Pelaku kriminal yang berhasil mencuri data tersebut meminta tebusan sejumlah uang dan mengancam akan mempublikasikan semua data yang dimilikinya jika tuntutannya tidak dipenuhi. Jumlah tebusan yang diminta adalah US$ 100.000 . ESEA sendiri menyatakan bahwa mereka tidak akan memenuhi tuntutan pelaku kriminal tersebut.

ESEA sendiri telah mengkonfirmasi insiden keamanan ini dan telah menghubungi pihak berwenang (FBI). ESEA juga telah menghubungi seluruh penggunanya yang mungkin terdampak oleh insiden keamanan ini.

ESEA merekomendasikan kepada para penggunanya untuk mengganti password mereka, mengganti pertanyaan dan jawaban keamanan pada website lain yang memiliki informasi yang sama dengan yang ada di website ESEA, dan melihat aktifitas akunnya masing-masing jika mungkin ada aktifitas yang mencurigakan yang tidak diketahui oleh pengguna.

Referensi:
ESEA data breach, 1.5 million gamers’ records leaked
Update: ESEA Security Update

Berikan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.