SHARE

Beberapa waktu yang lalu salah satu media sosial paling besar di muka bumi alias Facebook tersangkut masalah yang cukup serius terkait privasi dan kerahasiaan data-data penggunanya. Bagi yang belum tahu, kasus tersebut melibatkan sebuah perusahaan konsultan politik di Amerika Serikat bernama “Cambridge Analytica”

Singkatnya, pihak Cambridge Analytica berhasil mendapatkan setidaknya data mentah dari sedikitnya 50 juta pengguna facebook yang kemudian dipakai untuk tujuan politik berupa kampanye pemenangan calon presiden Donald Trump. Hasil investigasi menunjukkan bahwa data-data tersebut berasal dari aplikasi pihak ketiga yang ada di facebook.

Seruan untuk menghapus akun facebook mulai bermunculan di media sosial lain seperti twitter. Di Indonesia sendiri sepertinya tidak seheboh di luar negri, setidaknya di timeline saya, terpantau beberapa pengguna masih asik update status dan share berita hoax sana sini.

Tahun ini dan tahun depan adalah tahun politik di Indonesia jadi kemungkinan kejadian serupa juga bisa terjadi di Indonesia, meskipun Facebook telah belajar dari kasus ini dan berjanji untuk lebih ketat dan perhatian lagi terhadap keamananan data penggunanya, tidak ada salahnya untuk tetap waspada.

Bagi kalian yang tertarik untuk ikut menghapus akun facebook, jangan tergesa-gesa. Sebaiknya data-datanya disimpan terlebih dahulu karena ada cukup banyak kenangan di platform media sosial satu ini, mulai dari foto sampai status-status alay.

Berikut adalah langkah-langkah untuk men-download semua data kita dari Facebook

1. Masuk ke Facebook seperti biasa kemudian masuk ke halaman Settings atau Pengaturan

2. Di bagian “General Account Settings” pilih tombol “Download a copy of your Facebook data” yang ada pada paling bawah halaman seperti terlihat pada gambar berikut

3. Klik “Start My Archive”

4. Jendela konfirmasi akan muncul kembali, klik lagi “Start my Archive”

5. Jendela konfirmasi akan muncul kembali memberitahukan bahwa permintaan untuk mendownload data sedang diproses dan akan diberitahukan via email jika data sudah siap untuk didownload

6. Notifikasi juga akan muncul di halaman Facebook kita saat data sudah siap untuk didownload

7. Pilih “Download Archive” untuk mendownload semua datanya

Selamat sekarang semua data di facebook sudah berhasil kita download dan backup. Simpan data-data tersebut di tempat yang aman karena berisi berbagai kenangan dan hal-hal memalukan yang pernah kita lakukan di media sosial tersebut 😀

Sekian, semoga bermanfaat.

Referensi:
The Facebook and Cambridge Analytica scandal, explained with a simple diagram
Accessing Your Facebook Data

Berikan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.