SHARE

Pada buku ini akan disajikan cara yang sangat sederhana dan sangat menarik untuk melakukan hacking. Jangan khawatir, karena buku ini ditujukan untuk pemula yang ingin belajar, maka akan diciptakan sebuah kondisi yang bersifat virtual, sehingga tidak akan mengganggu sistem yang ada di dunia nyata.

Software yang digunakan pada buku ini adalah VMWare, Backtrack, dan Kioptrix Server, Netdiscover, Nmap, WhatWeb, OWASP Dir Buster, OWASP Mantra Browser, dan SQL Inject Me. Celah yang akan dipelajari adalah Sensitive Data Exposure dan SQL Injection.

Pengetahuan yang akan dimiliki setelah membaca buku ini adalah Bypass Limited Shell pada SSH, Modify /etc/passwd, create account backdoor, dan covering tracks. Buku ini juga akan menambah pengetahuan mengenai kompetisi Capture The Flag, sehingga para pembaca dapat lebih mempersiapkan diri dalam berkompetisi, atau untuk menciptakan kompetisi sederhana.

Cover Buku Capture The Flag & Hacking Kioptrix Server

BAB 1. INTRODUCTION TO HACKING

Bab 1 akan memberikan pengenalan tentang proses hacking dan beberapa istilah dasar yang sering dipakai. Diberikan juga penjelasan tentang perbedaan Hacker dengan Cracker. Sedikit pengenalan terhadap beberapa software yang akan dipakai pada buku ini.

BAB 2. SET-UP HACKING LAB

Bab 2 akan menjelaskan tentang proses pembuatan server Lab untuk keperluan pembelajaran pada buku ini. Proses dimulai dari Instalasi beberapa software pendukung sampai ke software utama seperti Backtrack 5 R3 dan Kioptrix Server.

BAB 3. RECONNAISSANCE, SCANNING & ENUMERATION

Bab 3 akan membahas tentang proses Reconnaissance, scanning dan enumeration. Akan dijelaskan step-by-step proses dalam melakukan reconnaissance, scanning dan enumeration untuk mengetahui informasi server dan sistem yang akan dihack lebih dalam.

BAB 4. GAINING ACCESS

Bab 4 akan menjelaskan proses masuk kedalam sebuah sistem, salah satunya menggunakan teknik SQL Injection. Dijelaskan juga tentang cara melakukan eksploitasi menggunakan SSH, mengambil alih akun akses mysqld,  dan memodifikasi file /etc/passwd

BAB 5. MAINTAINING ACCESS & COVERING TRACKS

Bab 5 akan membahas tentang proses membuat akses backdoor pada sistem sehingga akses ke server tersebut dapat terus dijaga. Bab ini juga akan menjelaskan tentang cara menyembunyikan bukti aktifitas hacking dengan cara menghapus seluruh file log service

BAB 6. SET-UP CTF – Fast Hacking Competition

Bab 6 akan memberikan pengenalan tentang kompetisi Capture The Flag (CTF). Disini juga akan dijelaskan proses pembuatan server CTF yang bisa dipakai untuk pembelajaran secara mandiri.

Tentang Penulis

Alexander Lumbantobing adalah salah satu pembina pembimbing di komunitas Del Cyber Army di kampus Institut Teknologi Del, Laguboti, dan merupakan pendiri Indonesian Backtrack Team Sub Regional Tobasa. Ia pernah bergabung dengan komunitas Morphost Anti Virus Lab. Ia juga seorang Teaching Assistant untuk mata kuliah Computer Security dan Software Security. Kini ia bekerja sebagai staf di Cyber Security Research Center di Institut Teknologi Del.

Albert Sagala lahir di Kabupaten Samosir, Pendidikan SD, SMP, dan SMA diselesaikan di Kota Bandung. Ia menyelesaikan Program Sarjana dan Magister di Institut Teknologi Bandung. Sampai saat ini, ia masih mengajar bidang Network Security Fundamental di Institut Teknologi Del. Ia juga merupakan Kepala Cyber Security Research Center di Institut Teknologi Del. Di sela-sela aktivitas mengajarnya, ia aktif di forum IHAN Batak, Perhimpunan Dosen Aptikom, dan Fortei Indonesia.

Zico Ekel adalah seorang praktisi linux security IT dan merupakan pendiri komunitas Indonesian Backtrack Team. Ia merupakan trainer resmi dari Training online 009-day yang diselenggarakan oleh Indonesian Backtrack Team. Ia telah diundang untuk membawakan seminar di lebih dari 28 kampus di seluruh Indonesia.

Bagi kalian yang memiliki buku terkait keamanan informasi dan ingin dipublikasikan juga di website ini bisa menghubungi kami via email di redaksi@netsec.id

3 COMMENTS

  1. Entah mengapa banyak orang yang beli buku ini padahal tidak bagus dari segi materi teori maupun praktik. Buku ini hanya mentranslate writeup CTF kioptrix menjadi bahasa Indonesia. Materinya pun mudah dicari di google dengan keyword ‘kioptrix vulnhub writeup’.

    Saya sarankan anda untuk membaca buku ini jika masih ingin menjadi script kiddie yang hanya makai tools tidak membuat sesuatu. Step by step langsung beres. Dipikir hacking skill instan kali yah

  2. kang Rizky Maulana, saya sudah baca bukunya kang. satu hari doank selesai dan membosankan karena semua sgat mudah saya menggerti dibuku itu. saya mau belajar dari buku akang boleh share judulnya kang

Berikan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.