SHARE

Penggunaan telepon seluler untuk memenuhi kebutuhan individu dan organisasi menjadikan data yang terkait telepon seluler sangat beragam, dengan jumlah yang semakin hari semakin banyak dan bersifat pribadi. Seperti halnya penggunaan komputer, penggunaan telepon seluler juga dapat terkait dengan satu tindak kejahatan atau fraud. Telepon seluler dapat menyimpan data yang terkait dengan satu tindak kejahatan atau fraud, menjadi target atau objek dari satu tindak kejahatan atau dapat juga menjadi alat untuk melakukan satu tindak kejahatan.

Penggunaan telepon seluler yang semakin intensif serta potensi data digital di dalamnya sebagai alat bukti di depan pengadilan, menjadikan telepon seluler semakin hari semakin vital dalam proses investigasi. Oleh karena itu, kebutuhan alat bukti digital atau elektronik dari telepon seluler setiap tahunnya mengalami lonjakan yang cukup drastis, tidak saja dalam tataran global melainkan juga di Indonesia.

Buku Mobile Phone Forensics: Theory
Cover Buku Mobile Phone Forensics: Theory

Dibandingkan computer forensics, saat ini belum banyak jumlah mobile phone forensics tools yang open-source, sehingga perkembangan mobile phone forensics sebagai salah satu bidang ilmu masih sangat terbatas. Sebab hanya lembaga penegak hukum dan organisasi yang cukup besar yang memiliki dana untuk pengadaan forensics tools tersebut.

Hal ini menyebabkan kalangan akademisi terutama mahasiswa tidak memiliki fasilitas yang cukup untuk mengembangkan pengetahuan teori yang telah dimiliki dalam kelas laboratorium (praktikal). Di sisi lain, pengetahuan baik secara teori maupun praktik bagi para akademisi juga diperlukan agar mobile phone forensics sebagai salah satu bidang ilmu dapat terus berkembang.

Buku seri pertama ini disusun untuk menyajikann teori terkait ilmu Mobile Phone Forensics untuk mendukung buku seri kedua yang lebih fokus pada praktik. Seiring dengan semakin berkembangnya penggunaan smartphone saat ini dan di masa mendatang, maka teori yang disajikan dalam buku ini lebih fokus pada smartphone dibandingkan dengan telepon seluler konvensional

Materi yang dibahas pada buku ini mencakup:
Bab 1 Pendahuluan
Bab 2 Kebijakan dan Prosedur Mobile Phone Forensics
Bab 3 Konsep Dasar Jaringan Telekomunikasi Seluler
Bab 4 Data Digital Terkait Telepon Seluler
Bab 5 Smarphone dan Aplikasi Mobile
Bab 6 Android Smartphone Forensics
Bab 7 IOS Smartphone Forensics
Bab 8 Backup File Forensics
Bab 9 Blackberry Smartphone Forensics
Bab 10 Windows Smarphone Forensics
Bab 11 Knock-Off Smarphone Forensics
Bab 12 Nokia dan Symbian OS
Bab 13 JTAG & Chip-Off Forensics
Bab 14 Analisis Mobile Malware & Memory Forensics (Android)

Buku ini merupakan seri pertama dari rangkaian buku terkait mobile phone forensics dan security. Berikut adalah daftar rangkaian dari seri mobile phone forensics and security:

Seri Pertama: Mobile Phone Forensics: Theory
Seri Kedua: Mobile Phone Forensics: Practice
Seri Ketiga: Mobile Phone Forensics: Mobile Malware And Memory Forensics Analysis For Android
Seri Keempat: Mobile Phone Security And Ethical Hacking: Theory
Seri Kelima: Mobile Phone Security And Ethical Hacking: Practice

Tentang Penulis

Andri Puspo Heriyanto saat ini sedang menjalani program Professional Doctorate of Information Technology pada Universitas Edith Cowan di Perth-Western Australia melalui program beasiswa IPRS. Penulis bekerja di Direktorat Jenderal Pajak-Kementerian Keuangan RI dan memulai bekerja di bidang Digital Forensics sejak tahun 2006.
Penulis dapat dihubungi via email di aph.4nc@aph4nc.com atau aph4.nc@gmail.com

Bagi kalian yang memiliki buku terkait keamanan informasi dan ingin dipublikasikan juga di website ini bisa menghubungi kami via email di redaksi@netsec.id

1 COMMENT

Berikan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.